Paslon 02 Yamin- Ananda Susur Sungai, Tawarkan Revitalisasi Wisata Ikon Banjarmasin

SUSUR SUNGAI: Paslon 02 menyusuri sungai dengan menggunakan klotok (kapal motor) - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin nomor urut 02, H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda beserta relawan mereka, mengunjungi lokasi wisata Susur Sungai di Siring Menara Pandang pada Sabtu sore (12/10/2024). 

Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 16.30 hingga 19.00 wita itu diwarnai dengan suasana kompak serta kekeluargaan disepanjang perjalanan.

Paslon 02 menyusuri sungai dengan menggunakan klotok, sebuah perahu tradisional khas Kalimantan. Mereka melewati berbagai titik seperti jembatan Basirih dan Banjar Raya. 

Selama perjalanan, H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda ramah menyapa warga yang berada di pinggiran sungai, melambaikan tangan, serta memperkenalkan diri secara langsung. 

Tak hanya itu, mereka juga membagikan pin, poster, serta keperluan rumah tangga seperti odol dan sabun kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar lebih dekat dengan masyarakat sekaligus merasakan langsung pengalaman wisata ikonik di kota Banjarmasin, yaitu wisata Susur Sungai.

Dalam kesempatan ini, H Muhammad Yamin HR menyoroti pentingnya meningkatkan potensi pariwisata kota. terutama di sektor Susur Sungai yang memiliki potensi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

H Muhammad Yamin HR menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas wisata Susur Sungai jika terpilih sebagai Walikota Banjarmasin. 

Ia menjelaskan bahwa masih banyak hal yang perlu diperbaiki, seperti kebersihan sungai dan penanganan sampah yang terlihat selama perjalanan. 

"Kita tadi telah melaksanakan susur sungai dan kita melihat bahwa perlunya sentuhan tangan pemimpin yang akan datang agar sungai-sungai ini dapat terlihat bersih dan nyaman dilihat oleh tamu atau turis," terang H Muhammad Yamin HR didampingi Hj Ananda. 

Selain itu, H Muhammad Yamin HR juga menyoroti kurangnya perawatan di beberapa titik wisata. Salah satunya adalah kondisi di Shelter Air Cemara Ujung, tempat mereka singgah untuk melaksanakan sholat Maghrib. 

"Saat turun di shelter tersebut tampak seperti tidak terurus dan banyak sampah," ujarnya. 

"Pencahayaan di sepanjang jalur sungai, terutama pada malam hari, perlu ditingkatkan agar lebih indah dan menarik bagi wisatawan," lanjutnya. 

Rencana kedepan H Muhammad Yamin HR berkomitmen untuk merevitalisasi sungai-sungai di Banjarmasin sebagai bagian dari program Banjarmasin Revamp, guna meningkatkan potensi wisata dan memperkuat citra Banjarmasin sebagai Kota Seribu Sungai. 

"Insyallah, jika kami terpilih memimpin kota Banjarmasin, potensi wisata Susur Sungai akan kami tingkatkan lagi," tutupnya.

Kegiatan ini sekaligus memperkuat visi pasangan calon nomor urut 02 untuk membawa Banjarmasin menjadi lebih baik dan bersih, serta menarik bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. (fs/ak)

Lebih baru Lebih lama