Paman Birin dan Acil Odah Buka Festival Gerbang Nusantara

CICIP: Paman Birin mencicipi salajh satu sajian yang disediakan dalam Festival Gerbang Nusantara di Museum Lambung Mangkurat Kalsel di Banjarbaru - Foto Istimewa

 

HABARDIGITAL.COM, BANJARBARU - Ribuan porsi aneka makanan dan kue disajikan dalam Festival Gerbang Nusantara yang diadakan Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Kamis (3/10/2024).

Festival Gerbang Nusantara sekaligus Tradisi Budaya Baayun Maulud, diadakan Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah.

BACA JUGA: Sederet Daftar Artis yang Dilantik Menjadi Anggota DPR RI 2024-2029

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Pemprov Kalsel dalam melestarikan Budaya Daerah Kalimantan Selatan.

“Banyak olahan makanan berat hingga kue tradisional yang disajikan kali ini untuk masyarakat dalam memeriahkan kegiatan hari ini,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (3/10/2024).

Sementara itu, Istri Gubernur Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah atau Acil Odah, menambahkan pihaknya sangat bahagia karena banyak masyarakat yang datang  untuk berkunjung memeriahkan Festival Gerbang Nusantara.

“Ini membuktikan bahwa masyarakat kita masih antusian dalam melestarikan seni dan budaya banua kita tercinta,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ditresnarkoba Polda Kalsel Amankan 52.561 Pil Ekstasi dan 5 Kilogram Sabu

Lebih lanjut, Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan, M. Taufik menuturkan pihaknya menyediakan ribuan porsi makanan mulai dari makanan berat hingga kue tradisional.

“Total makanan yang kami sediakan kurang lebih 8.000 porsi yang rincian kue tradisional 5.000 porsi dan 3.000 porsi makanan berat di antaranya nasi samin, mie habang dan ketupat kandangan,” terangnya. (adp/ak)

Lebih baru Lebih lama