Kalah dari Cina, Asa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia Tetap Terjaga, Begini Hitung-hitungannya

TIMNAS: Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Tmnas China di Kualifikasi Piala Dunia - Foto Net


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Cina, 1-2, dalam matchday keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.Pertandingan itu berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Cina pada Selasa (15/10/2024) malam WIB. 

Dua gol bagi tuan rumah dalam laga itu masing-masing dicetak Behram Abduweli pada menit Ke-21 dan Zhang Yuning pada menit Ke-41.

Sedangkan satu-satunya gol balasan bagi Skuad Garuda dicetak Thom Haye ‘The Professor’ pada menit Ke-86.

BACA JUGA: Menteri LHK Bersama Sekdaprov dan Dubes Norwegia Gerakan Penanaman Pohon Bersama

Kendati gagal mendapat poin dari pertandingan keempat tersebut, tapi asa Timnas Indonesia untuk bisa lolos dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tetap terjaga.

Dikutip dari Tribunnews.com, meski kalah dari Cina, tapi Timnas Indonesia tetap dalam kondisi masih bersaing di klasemen sementara grup C.

Skuad Garuda kini bertahan di peringkat Ke-5 dengan tiga poin.

Kabar baiknya, kekalahan dari Cina di laga kali ini tidak menyeret Timnas Indonesia turun posisi.

Pasalnya, Cina mengantongi selisih gol yang lebih buruk.

Timnas Indonesia hanya minus satu gol, berbalik sembilan gol dari pihak The Dragons.Dengan demikian, jalan Timnas Indonesia untuk bersaing di klasemen grup C masih terbuka.

Bahkan, persaingan di grup tersebut dipastikan semakin ketat.

Australia yang menempati posisi runner-up klasemen sementara hanya terpaut dua poin dari Timnas Indonesia.

Artinya, Timnas Indonesia masih punya peluang untuk menembus posisi kedua jika memenangkan pertandingan mendatang.

Bahkan laga Arab Saudi vs Bahrain berakhir imbang dengan skor 0-0, maka kedua tim hanya mengoleksi lima angka, dan hanya berjarak dua poin dari Timnas Indonesia.

Dengan kondisi tersebut masih membuka peluang Garuda bersaing. Sejalan dengan itu, masih ada enam laga sisa yang bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia.

Jika ditotal, ada 18 poin maksimal yang dapat diraih tim Merah Putih di enam pertandingan tersebut.

Andai Timnas Indonesia meraih empat kemenangan di laga kandang, dan hasil imbang saat pertandingan tandang, maka total 14 poin bisa didapatkan dari 18 angka maksimal. Catatan tersebut bisa membuat Timnas Indonesia otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

BACA JUGA: Relawan Urban Rangers Resmi Dideklarasikan, Siap Galang Dukungan Anak Muda Untuk Yamin-Ananda di Pilkada Banjarmasin

Pasalnya, Timnas Indonesia akan mengoleksi 17 poin di klasemen akhir grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jika ditarik lebih jauh, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pernah meloloskan Korea Selatan ke Piala Dunia edisi 2018 dengan masing-masing tiga kali menang, seri, dan kalah.

Saat itu, total 15 poin yang didapatkan oleh Korea Selatan dan mereka lolos langsung ke Putaran Final Piala Dunia sebagai runner-up grup kualifkasi. Semoga saja Indonesia bisa lolos. (net/ak)

Lebih baru Lebih lama