DKUKMTK Balangan Gelar Pelatihan Tata Rias

PELATIHANKegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Dahlia - Foto Dok Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja (DKUKMTK) Kabupaten Balangan menggelar pelatihan tata rias wajah dan rambut yang berlangsung di Hotel Aston Tanjung, Tabalong, selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (14-16/10/2024).

Pelatihan digelar dalam rangka untuk menekan angka pengangguran dan mendorong pertumbuhan usaha mandiri di bidang jasa tata rias.

BACA JUGA: Komitmen Melayani Rakyat Jika Terpilih Pimpin Kota Banjarmasin, Yamin-Ananda Bagi-Bagi Surat Lamaran Kerja

Kegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Dahlia dari Kabupaten Banjar. Pemilihan LPK Dahlia sebagai mitra didasarkan pada rekam jejak mereka yang telah menjalin kerja sama dengan berbagai kabupaten/kota dalam pelatihan serupa selama 35 tahun.

Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Kerja Produktivitas dan Hubungan Industrial Kabupaten Balangan, Slametno, menjelaskan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 100 peserta, masing-masing 50 orang untuk pelatihan tata rias wajah dan tata rias rambut.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Balangan serta menumbuhkan UMKM di sektor jasa tata rias," ujarnya.

Ia juga menambahkan setelah pelatihan selesai, para peserta akan diberikan alat praktik yang dapat digunakan untuk membuka usaha mandiri. Dengan demikian, diharapkan akan lahir usaha-usaha baru di bidang tata rias atau terserapnya tenaga kerja di sektor tersebut.

Salah satu peserta, Sitah, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan dalam mengikuti pelatihan ini.

"Dengan adanya pelatihan ini, saya sangat terbantu sekali karena bisa belajar dan memahami tata rias wajah, mulai dari materi hingga praktik merias," ujarnya.

BACA JUGA: Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemkab Balangan Bangun Lumbung

Ia berharap melalui keterampilan yang didapatkan selama pelatihan dapat bermanfaat untuk membuka peluang kerja baru di daerahnya.

"Harapannya, dengan adanya pelatihan ini, saya bisa menambah ilmu dan pengalaman untuk dikembangkan di dunia kerja dan bisa membantu menurunkan angka pengangguran di Balangan," harapnya. (mcb/rz/ak)

Lebih baru Lebih lama