BPOM Merilis 10 Obat Berbahan Herbal "Perangsang Gairah" yang Bisa Merusak Ginjal dan Jantung

ILUSTRASI: Obat berbahan herbal berbahaya - Foto Net


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Taruna Ikrar mengungkap sedikitnya ada 10 temuan produk berbahan alam yang berisiko memicu rusaknya jantung hingga ginjal. 

Produk herbal tersebut mengandung bahan kimia obat (BKO) sildenafil, fenilbutazon, metampiron, piroksikam, parasetamol, hingga deksametason. Sederet kandungan tersebut dilarang terkandung dalam obat berbahan herbal karena diberikan di bawah pengawasan dokter. 

BACA JUGA: Gelar Rakercabsus, Jajaran DPC PDIP Banjarmasin Solid Menangkan Paslon Ariffin - Akbari di Pilkada 2024

Taruna mengatakan, obat berbahan herbal yang berbahaya dan marak beredar ini meliputi obat penambah gairah hingga pereda asam urat. Dalam konsumsi jumlah yang tinggi, seseorang bisa berakhir fatal hingga kematian. 

"Obat berbahan alam yang mengandung sildenafil, dijual dengan tujuan merangsang gairah laki-laki, kekuatan stamina, tetapi perlu diingat kalau kelebihan dosis, ini bisa fatal. Menyebabkan henti jantung," beber Taruna dalam konferensi pers, Senin (7/10/2024).

"Konsumsi obat bahan alam tanpa izin edar dan/atau mengandung BKO sangat berisiko bagi kesehatan, bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh, seperti gagal ginjal, kerusakan hati, dan gangguan kesehatan lainnya bahkan kematian," pungkasnya.

BACA JUGA: Suami Baru Irish Bella Ternyata Seorang Dirut Perusahaan

Berikut 10 produk yang diberikan warning BPOM RI:

Cobra X

Spider

Africa Black Ant

Cobra India

Tawon Liar

Wan Tong

Kapsul Asam Urat TCU

Antanan

Tongkat arab

Xian Ling 

(net/ak)

Lebih baru Lebih lama