Anggota DPRD Kalsel Apresiasi Penganugerahan Penghargaan KIA Innovation Ecosystem 2024

PENGHARGAAN: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) H. Mustohir Arifin menyerahkan penghargaan - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BANJRBARU – Penganugerahan Kalsel Innovation Award (KIA) Innovation Ecosystem 2024 dan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diprakarsai oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Brida Kalsel) dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel mendapat apresiasi dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) H. Mustohir Arifin, Kamis, (3/10/2024), di Aula H. Ichdam Kalid, Komplek Perkantoran Gubernur, Banjarbaru.

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, by.U Hadirkan “U District” di Kota Banjarmasin

Disela acara, politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini mengatakan sangat mengapresiasi penganugerahan penghargaan kepada para inovator perorangan dari masyarakat maupun dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel dan SKPD Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalsel.

Inovasi ini tentunya selain sebagai sarana untuk melihat kecerdasan anak-anak di banua yang tertuang dalam sebuah karya tulis juga sekaligus menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan SKPD dalam menginovasi pelayanan kepada masyarakat agar menjadi lebih mudah dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kami Dewan Provinsi sangat mengapresiasi kegiatan ini. Melihat kecerdasan anak-anak banua kita untuk menginovasi mempermudah fasilitas dan layanan untuk masyarakat”, tutur H. Imus sapaan akrabnya

Dirinya berharap kegiatan ini mampu menginpirasi dan melahirkan inovasi-inovasi lain yang bermanfaat bagi masyarakat di seluruh wilayah Kalsel.

“Mudah-mudahan ini sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat dan bisa dirasakan langsung untuk daerah-daerah yang memang membutuhkan untuk inovasi dari SKPD setempat”, pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang kerap disebut Paman Birin melalui Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemprov Kalsel Adi Santoso menyampaikan, penganugerahan penghargaan ini adalah wujud penguatan komitmen dan langkah konkrit untuk selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru yang membawa perubahan positif untuk mendorong kemajuan dan berkelanjutan bagi Kalsel.

“Kegiatan ini adalah salah satu upaya kita bersama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi daerah untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Dan menjadi langkah baru dalam mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan”, ujar Paman Birin seraya mengingatkan Brida Kalsel agar memberikan catatan dan peringatan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang tidak mengirimkan SKPD untuk mengikuti kegiatan ini.

BACA JUGA: Bank Kalsel Raih Juara 2 Kategori CS pada Frontliner Championship BPDSI 2024

Pemenang lomba tingkat SKPD dilingkup Pemprov Kalsel peringkat pertama diraih Dinas Lingkungan Hidup yang mengusung inovasi One Landscape Kalimantan Selatan. Untuk tingkat SKPD Pemkab/kota peringkat pertama diraih oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut yng mengusung Aplikasi BISA (Boejasin Information System and Application). Untuk tingkat masyarakat umum peringkat pertama diraih oleh Juragan Buah dan Sayur dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan Terakhir untuk juara pertama Karya Tulis Ilmiah diraih oleh Nur Azizah Rahman dengan judul tulisan Pengembangan MOQU (sistem monitoring kualitas air dengan aplikasi blink dan telegram). (dwn/ak)

Lebih baru Lebih lama