Sambut Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Pemkab Balangan Tata Kawasan Masjid Al Akbar

KAWASANMasjid Al Akbar, masjid kebanggaan masyarakat Balangan - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Menyambut bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, masjid, langgar, musala bahkan rumah-rumah di Kabupaten Balangan mengadakan peringatan Nabi Muhammad SAW sebulan penuh.

Persiapan menyambut perayaan maulid di Rabiul Awal, diantaranya membersihkan dan merapikan langgar, dan masjid untuk diisi pembacaan maulid dan pengajian mengenai sejarah Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA: Ketua DPRD Kalsel Pimpin Gladi Bersih Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD 2024-2029

Demikian juga dengan Masjid Al Akbar, masjid kebanggaan masyarakat Balangan. Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang akan beribadah, sedang dilakukan penataan kawasan masjid tersebut.

Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Kamis (5/9/2024) mengatakan, saat ini pekerjaan penataan kawasan Masjid Al Akbar seluas lebih dari lima hektar dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Beberapa pekerjaan juga dilaksanakan oleh Bagian Umum Sekretariat Daerah.

Menurutnya, Monitoring Bagian Administrasi Pembangunan mendapatkan informasi bahwa penataan kawasan Masjid Al Akbar masih berlangsung.

"Lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan aula, pembuatan halaman aula yang dipasangi granit dan renovasi halaman parkir yang dipasangi batu andesit, serta penggantian atap masjid menjadi berbahan enamel,"ujarnya.

BACA JUGA: Gema Maulid Hari ke-2, Paman Birin: Perbanyak Sholawat

Lebih lanjut selain itu, pada masjid yang jadi ikon Balangan juga dilaksanakan pekerjaan pengecatan, pembuatan bangunan pos keamanan, pembuatan taman dan vertikal garden, vergola dan air mancur, pembuatan gerbang, serta pemeliharaan toilet dan drainase.

"Mudah-mudahan pembangunan dan renovasi berjalan lancar dan sesuai rencana," pungkasnya. (mcb/rz/ak)

Lebih baru Lebih lama