Pemkab Balangan Siap Gelar Festival Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pemuda Semarakkan UMKM

WAWANCARAPlt Kepala Dinas Disperindag Balangan, Hj. Herlina bersama Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Balangan, Melda Risda Elfa - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan terus berinovasi dalam meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi antara Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Serta Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Balangan dengan menggelar Festival Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pemuda Semarakkan UMKM. 

Kegiatan yang diinisiatif oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Hadi rencananya akan berlangsung di Tugu Maritam, Kecamatan Paringin Selatan, mulai tanggal 13 hingga 17 September 2024. 

BACA JUGA: Malam Ini Timnas Indonesia Hadapi Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Acara ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi pelaku UMKM lokal untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap produk-produk lokal  kabupaten Balangan. 

Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Dinas Disperindag Balangan, Hj. Herlina, menyampaikan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. 

“Kami berkomitmen melakukan yang terbaik agar kegiatan ini berjalan sesuai harapan. Tujuan utama dari festival ini adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan memperkuat UMKM lokal,” ujar Hj. Herlina.

Di tempat terpisah, Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Balangan, Melda Risda Elfa, juga turut memberikan komentarnya bahwa pihaknya bakal bersinergi mensukseskan acara tersebut.

“Kami siap mengerahkan seluruh sumber daya manusia dan pegawai di Disporapar Balangan untuk bersinergi melaksanakan acara ini. Kerja sama dengan dinas terkait akan terus kami tingkatkan demi suksesnya festival ini,” jelas Melda.

BACA JUGA: Kebun Raya Banua Hadirkan Nature of Exhibition Banua Botanical Garden

Ia menambahkan dengan adanya kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak, Festival Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pemuda Semarakan UMKM ini diharapkan, menjadi ajang yang dapat membawa Balangan semakin dikenal sebagai daerah yang kaya akan potensi wisata dan produk kreatif. Jangan sampai ketinggalan, mari semarakan acara ini dan dukung pelaku UMKM lokal!

"Acara ini juga merupakan bagian dari upaya Pemkab Balangan dalam menggerakkan pemuda untuk lebih aktif dalam pengembangan ekonomi lokal melalui kreativitas dan inovasi. Festival ini tidak hanya akan dipenuhi dengan stan-stan UMKM, tetapi juga berbagai kegiatan hiburan dan edukasi yang menarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan,"pungkas Plt Disporapar Balangan. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama