Habar Digital

Dekranasda Balangan Dorong Produk Kerajinan Lokal Bumi Sanggam Bersaing di Kriyanusa 2024

PAMERANTurut hadir juga, Ketua sementara DPRD Kabupaten Balangan, Linda Wati, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Hj. Herlina, dan Wakil Ketua Dekranasda Balangan, Megawati Ulpah di Kriyanusa 2024 - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Balangan bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, turut berpartisipasi dalam pameran Kriyanusa 2024.

Kriyanusa 2024 merupakan salah satu event nasional terbesar di Indonesia yang berlangsung mulai 28 Agustus hingga 1 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), dengan tema "Pengrajin Muda Lestarikan Warisan Budaya".

BACA JUGA: Ketua Bapilu PDI-P Samosir Siap Menangkan Duet Arifin-Akbari

Ketua Dekranasda Balangan Hj Sri Huriyati Hadi atau yang akrab disapa Bunda Sri megatakan, bahwa  berbagai produk kerajinan unggulan seperti kain sasirangan, Syal Sasirangan, tas, dompet, kalung Id Cart, tas anjat dengan bahan dasar Bambu tirik dan Bamban dibawa dan dipromosikan.

"Alhamdulillah kita bisa turut mempromosikan produk industri kreatif khas Bumi Sanggam seperti kain sasirangan bordir dan tas tirik yang sangat diminati oleh para pengunjung dan menjadi primadona di stand kami," ungkapnya, Sabtu (31/8/2024) di Jakarta.

Bahkan katanya, produk-produk kreatif lokal asal Balangan ini juga mendapatkan apresiasi luas dari para pengunjung pameran. 

"Produk-produk tersebut menggambarkan kekayaan budaya dan keunikan kearifan lokal Balangan, serta mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain,"tambah Bunda Sri. 

Turut hadir juga, Ketua sementara DPRD Kabupaten Balangan, Linda Wati, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Hj. Herlina, dan Wakil Ketua Dekranasda Balangan, Megawati Ulpah, mereka turut aktif mempromosikan produk-produk lokal Balangan dan berdialog dengan para pengunjung tentang keunggulan dan potensi produk kerajinan Balangan.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Hj.Herlina mengatakan  stand Dekranasda Balangan banyak dikunjungi oleh para pejabat pemerintahan dan masyarakat umum. 

“Hal ini menunjukkan bahwa produk lokal Balangan semakin diminati dan diakui oleh masyarakat luas,” ujarnya.

BACA JUGA: ALFI/ILFA Kalsel Ikut Tolak Penghapusan Pasal 110 Ayat (1) dan Ayat (5) di UU NO 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran

Pameran Kriyanusa 2024 tidak hanya menjadi ajang promosi bagi produk kerajinan, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan semangat dan motivasi para perajin muda dalam melestarikan warisan budaya bangsa. 

"Semoga partisipasi Dekranasda Balangan di pameran ini dapat meningkatkan daya saing produk lokal Balangan di pasar nasional," tutup Hj. Herlina. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama