Cegah Karhutla di Balangan, BPBD Bangun Posko Gabungan

POSKOKepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, H Rahmi bersama anggota gabungan - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Dalam rangka pencegahan dan antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) serta kekeringan di Kabupaten Balangan, BPBD mendirikan Posko Gabungan yang berpusat langsung di Halaman Kantor BPBD Balangan, Senin (2/9/2024).

BACA JUGA: Harjad ke-74 Kabupaten Banjar, DPRD Kalsel Dukung Penuh Pembangunan Berkelanjutan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, H Rahmi menyampaikan, bahwa posko Karhutla ini berfungsi sebagai posko utama untuk memonitor tentang informasi kejadian karhutla dan kekeringan.

"Apabila ada asap dan api maka petugas yang bertugas di posko-posko tersebut akan bergerak cepat mendatangi lokasi terjadinya kebakaran lahan," ucapnya.

Untuk memaksimalkan fungsi posko pencegahan karhutla, pihaknya pun menempatkan sejumlah petugas atau anggota yang terdiri dari TRC, TNI, Polri,  Orari, Manggala Agni, KPH dan lainnya.

BACA JUGA: Hadiri MKD Awards 2024, Penghargaan Jadi Acuan Tingkatkan Kinerja Anggota Dewan

Kemudian, posko tersebut juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan seperti armada kendaraan yang membawa tangki air serta peralatan lainnya untuk menunjang memadamkan api.

"Keberadaan posko gabungan pencegahan dan antisipasi karhutla ini akan berlangsung hingga 31 Oktober mendatang," pungkasnya. (mcb/rz/ak)

Lebih baru Lebih lama