Habar Digital

Srikandi “Rumah Banjar” DPRD Kalsel Hadiri Rakernas KPPI 2024

RAKERNAS: Rakernas KPPI yang bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Srikandi “Rumah Banjar” Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Mengusung Tema “Semangat dan Peran Kaukus Perempuan Politik Indonesia Dalam Transisi Politik 2024” di Hotel Mangkuluhur ARTOTEL Suites Jalan Gatot Subroto Setiabudi, Jakarta Selatan. Selasa, (6/8/2024).

Rakernas KPPI yang bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) ini merupakan salah satu langkah untuk Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan Gender dalam dunia politik Indonesia.

BACA JUGA: RSUD DKH Balangan Sambut HUT ke-79 RI dengan Serangkaian Lomba

Dalam Sambutannya Ketua MPR RI, Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E., S.H., M.B.A. menyampaikan hal terpenting dalam berpolitik yaitu kualitas dan kapabilitas.

“Dalam berpolitik tidaklagi soal laki-laki atau perempuan, namun yang terpenting yaitu kualitas dan kapabilitas yang dimiliki masing-masing individu. Jadi yang harus diperbaiki adalah sistem politik kita agar mendorong dan meningkatkan keikutsertaan perempuan dalam berpolitik,” ucap Bambang Soesatyo.

Ditemui disela kegiatan yang berlangsung pada 6 hingga 7 Agustus 2024 ini, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KPPI Kalsel, Hj. Dewi Damayanti Said, SE., MM menyampaikan Rakernas KPPI mengevaluasi hasil pemilu dan ketercapaian serta keterwakilan Perempuan.

“Kegiatan Rakernas KPPI ini dilaksanakan oleh DPP KPPI yang dihadiri oleh DPD dari seluruh Indonesia dalam rangka rapat kerja yang akan mengevaluasi hasil pemilu kemarin, bagaimana ketercapaian serta keterwakilan perempuan apakah sudah mencapai angka 30 persen kemudian apa saja hambatan juga kendala selanjutnya nanti untuk menghadapi pilkada,” ucap Dewi Damayanti.

BACA JUGA: NMAX “TURBO” Resmi Dipasarkan di Kalselteng

Sekretaris DPD KPPI Kalsel, Dra. Hj. Rachmah Norlias ikut menambahkan harapan kedepannya peran dan keikutsertaan perempuan dapat semakin meningkat.

“Dengan adanya Rakernas KPPI ini harapan kedepannya peran dan keikutsertaan perempuan menjadi lebih meningkat, kemudian tingkat partisipasi pemilih juga lebih meningkat karena sebentar lagi kita akan mengadakan pilkada jadi kita harapkan nantinya dalam raker di daerah dapat ikut mensukseskan pilkada serentak Tahun 2024,” ucap Rachmah. (dwn/ak)

Lebih baru Lebih lama