Habar Digital

Pemkab Balangan Bangun Sejumlah Prasarana dan Sarana Peternakan

SARANA PRASARANA: Sebagai tempat mengembangkan peternakan dan kesehatan hewan - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan diperingati untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pengembangan usaha peternakan, yang didukung kesehatan hewan tangguh, sarana prasarana yang memadai, dan kebijakan usaha hulu ke hilir.

Peternakan merupakan subsektor penting di Kabupaten Balangan. Lapangan usaha sebagian besar masyarakat, selain pertanian dan perkebunan. Komoditas peternakan juga sumber pangan yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu komoditas strategis yang berkontribusi pada inflasi.

BACA JUGA: Ukir Sejarah, Tim Futsal PWI Kalsel Sabet Medali Emas Porwanas XIV 2024

Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Jumat (23/8/2024) mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Balangan berkomitmen tinggi dalam mengembangkan peternakan dan kesehatan hewan.

Menurutnya, sejak 2021 telah dibentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesehatan Hewan dan Pembibitan. Tugasnya melaksanakan upaya penyehatan hewan. 

"Selain itu Pemerintah Kabupaten Balangan juga memberikan bantuan bibit sapi, kambing, ayam, domba, itik dan puyuh.  Sarana prasarana pendukung berupa pembangunan kandang ternak, alsintan, pakan ternak, vaksin, dan obat-obatan diberikan dalam bentuk hibah ke masyarakat. Salah satu dampaknya terlihat pada produksi ayam telah mencapai swasembada,"katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Monitoring Bagian Administrasi Pembangunan mendapatkan informasi, bahwa tahun ini sedang dibangun sejumlah prasarana dan sarana peternakan melalui anggaran Dinas Pertanian. 

"Hal itu diantaranya rehab kandang bersalin ternak dan ruangan UPTD Keswan. Sedang diproses pula pembuatan kandang kambing di dua lokasi yaitu Desa Binjai Punggal dan Desa Simpang Tiga. Juga pembuatan kandang sapi di lima lokasi, sebarannya di Desa Sungsum, Desa Lampihong Kanan, Desa Lok Hamawang, Desa Mundar dan Desa Pulantan,"imbuhnya.

BACA JUGA: Yamin-Ananda Siap Berlaga di Pilkada Banjarmasin, Rabu Daftar ke KPU

Ia mengharapkan  dengan bantuan Pemda ini, seluruh pemangku kepentingan peternakan terus meningkatkan inovasi, etos kerja, dan kompetensi dalam memajukan peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Balangan. Selamat Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan 26 Agustus 2024. (mcb/rz/ak)

Lebih baru Lebih lama