Habar Digital

Paman Birin dan Acil Odah Pimpin Kirab Merah Putih Batulicin-Banjarbaru

KIRAB: Paman Birin dan Acil Odah memimpin Kirab Merah Putih ke-5 tahun 2025 melintasi jalan bebas hambatan Batulicin-Banjarbaru - Foto Istimewa

HABARDIGITAL.COM, BATULICIN - Kompak mengenakan pakaian ala pejuang veteran, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua PKK Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah memimpin Kirab Merah Putih ke-5 Tahun 2024.

Kirab Merah Putih 2024 ini melintasi jalan baru bebas hambatan Batulicin-Banjarbaru mengambil start di depan Kodim Tanah Bumbu pada Sabtu (24/8/2024) pagi.

BACA JUGA: Gubernur Paman Birin Pimpin Peringatan HUT RI ke-79

Pelepasan di titik start diwarnai dengan penyampaian pesan-pesan pahlawan oleh perwakilan Veteran Tanah Bumbu serta pekik kemerdekaan yang disampaikan langsung oleh Paman Birin.

“Berkat ridho dan anugerah Allah SWT, bangsa kita mendapatkan kemerdekaan. 79 tahun sudah kemerdekaan Republik Indonesia.

Kemerdekaan yg kita rasakan adalah sebuah hasil perjuangan seluruh anak nusantara di RI.

Kegiatan ini adalah wujud rasa syukur kita,” ujar Paman Birin.

Di samping itu, Paman Birin mengungkapkan kirab kemerdekaan juga bentuk hormat dan penghargaan kepada seluruh pahlawan dan pejuang yang telah berjuang bagi masyarakat Indonesia untuk mengecap kemerdekaan.

“Hari ini musuh kita bukan lagi penjajah. Musuh kita adalah kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan. Karena itu kita harus berjuang bersama untuk menghadapinya. ‘Berat sama dipukul, ringan sama dijinjing’, itulah warisan semangat dari para pejuang kita. Merdeka,” pekik Paman Birin menyemangati para peserta kirab.

Usai pekik dan pelepasan, Paman Birin dan Acil Odah pun memimpin langsung rombongan Kirab Merah Putih. Gubernur Paman Birin dengan trail, sedangkan Acil Odah menggunakan sepeda motor Scoopy.

Berangkat dari titik start Kodim/1022 Tanah Bumbu, kirab diadakan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-74 Pemprov Kalsel, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 serta sekaligus Peresmian Jalan Bebas Hambatan Gubernur Sahbirin Noor Banjarbaru-Batulicin.

\Kirab Merah Putih ini diikuti puluhan ribu rider dari unsur Forkopimda Kalsel, SKPD Pemprov Kalsel serta sejumlah Komunitas Motor dan juga masyarakat umum.

BACA JUGA: Ukir Sejarah, PWI Kalsel Raih Juara Umum Porwanas XIV 2024

Menempuh jarak 194 KM rombongan Kirab Merah Putih akan menuju titik akhir atau finish di Alam Roh 24, Kabupaten Banjar.

Adapun kegiatan yang akan diselenggarakan dalam kirab ini adalah, pemotongan pita peresmian jalan, peresmian 3 kelas SD di Dusun Kuluman dan yang terakhir adalah peresmian dan penandatanganan prasasti Jalan Bebas Hambatan Banjarbaru-Batulicin. (adp/ak)

Lebih baru Lebih lama