Habar Digital

DPD KNPI Balangan Tekankan Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah

MUSYAWARAHAcara ini berlangsung khidmat dan dihadiri oleh para pengurus KNPI dari berbagai kecamatan di Kabupaten Balangan - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Balangan menyelenggarakan Musyawarah Kecamatan Dewan Perwakilan Kecamatan (DPK) untuk masa bakti 2023-2027 di Aula Mayang Maurai, Perumahan Garuda Maharam, Paringin, Balangan belum lama tadi.

Acara ini berlangsung khidmat dan dihadiri oleh para pengurus KNPI dari berbagai kecamatan di Kabupaten Balangan, acara ini juga menggarisbawahi pentingnya peran pemuda dalam pembangunan daerah.

BACA JUGA: BPBD Balangan Siap Antisipasi Ancaman Karhutla 2024

Sekretaris KNPI Kabupaten Balangan, R. Nopri Muluk, yang juga mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Balangan, hadir mewakili Ketua DPD KNPI Balangan, Bung Harry Khairil Hadi, yang berhalangan hadir karena tugas luar daerah. Dalam sambutannya yang penuh motivasi, Nopri menekankan peran penting solidaritas dan kolaborasi dalam memajukan Bumi Sanggam.

"Kita berada di sini untuk menunjukkan komitmen kita sebagai pemuda, untuk tidak hanya menjadi saksi, tetapi juga aktor utama dalam pembangunan Balangan. Melalui organisasi ini, kita semua harus siap berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat untuk memajukan Bumi Sanggam," ujar Nopri Muluk dengan tegas.

Nopri juga menyoroti pentingnya kesiapan anggota KNPI dalam mengemban tugas membangun daerah. 

“Solidaritas dan kolaborasi adalah kunci utama dalam organisasi ini. KNPI harus menjadi wadah bagi pemuda untuk bersatu, berbagi ide, dan bekerja sama demi kemajuan bersama. Saya yakin, kita semua di sini adalah orang-orang terpilih yang siap menjawab tantangan zaman,” tambahnya.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Balangan, Wakil Ketua DPD KNPI Balangan, serta para pengurus organisasi kepemudaan lainnya. Mereka semua menyatakan komitmennya untuk bersama-sama mengembangkan KNPI Balangan agar lebih solid, inovatif, dan berdaya saing tinggi.

DPD KNPI Balangan selama ini dikenal sebagai organisasi yang aktif mencetak dan mempersiapkan generasi muda yang berkualitas.

"DPD KNPI Kabupaten Balangan berharap terbentuk kepengurusan Dewan Perwakilan Kecamatan (DPK) yang mampu menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi nyata bagi masyarakat. Harapannya kepengurusan baru di tingkat kecamatan akan mampu melahirkan program-program yang bermanfaat bagi kemajuan daerah,"ucapnya.

Nopri juga mengingatkan para peserta musyawarah untuk berhati-hati dalam memilih formatur kepengurusan. 

"Pilihlah orang-orang yang memiliki visi, misi, dan kemampuan untuk membawa perubahan positif bagi KNPI Balangan. Kepemimpinan itu bukan hanya soal posisi, tetapi soal memberikan dampak nyata bagi organisasi dan daerah," tuturnya.

BACA JUGA: Atlet Porwanas XIV Mulai Berdatangan, PWI Kalsel Sambut Hangat

Musyawarah ini tidak hanya berfokus pada pembentukan kepengurusan, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat peran KNPI dalam pembangunan daerah. Kolaborasi antara pemuda dan pemerintah daerah diharapkan dapat mempercepat pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan, sesuai dengan cita-cita bersama untuk memajukan Kabupaten Balangan.

Dengan selesainya musyawarah, para peserta pulang dengan semangat baru, siap untuk bekerja sama dalam mengabdi demi kemajuan kabupaten Balangan. 

"KNPI Balangan bertekad untuk terus eksis sebagai organisasi yang memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah dan negara,"tutupnya. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama