Habar Digital

Tips Aman dan Selamat Berkendara dengan #Cari_aman ala Honda

BERKENDARA: Honda memberikan beberapa tips panduan praktis untuk memastikan setiap perjalanan aman dan nyaman bagi semua - Foto Istimewa 


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Main Dealer resmi Honda Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Trio Motor mengajak seluruh pengguna jalan untuk meningkatkan keselamatan berkendara dengan mengamalkan tips-tips berikut ini. 

Berbekal Semangat Sinergi Bagi Negeri dan dalam upaya untuk mengkampanyekan aksi #Cari_aman, Honda memberikan beberapa tips panduan praktis untuk memastikan setiap perjalanan aman dan nyaman bagi semua.

Tips yang pertama, jadikan Konfirmasi sebagai kebiasaan. Biasakan untuk tengok belakang sebelum memulai berkendara. Ketika melalui persimpangan dianjurkan untuk melakukan 4T agar berkendara menjadi lebih aman. 4T merupakan singkatan dari tengok kanan, tunggu sejenak, tengok kiri, dan tengok kanan lagi Selanjutnya fokus pada saat berkendara. 

Hindari penggunaan handphone dan tidak melakukan obrolan atau aktivitas lain selain berkendara.

Selanjutnya perhatikan batas maksimum penumpang. Batasi jumlah penumpang tidak lebih dari dua orang. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keamanan berkendara. Apabila jumlah penumpang melebihi kapasitas, maka akan semakin tinggi resiko kecelakaan saat berkendara.

Lalu menggunakan lampu signal dengan tepat. Contohnya seperti menyalakan lampu signal sebelum akan berbelok. Hal ini merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh pengendara saat berkendara di jalan. Lampu signal merupakan penanda untuk aksi selanjutnya agar orang lain dapat mengantisipasi pergerakan kita.

Berikutnya, gunakan klakson sebagai peringatan bahaya. Gunakan klakson untuk mengingatkan pengguna jalan lain saat melakukan aktivitas berbahaya. Jaga jarak aman juga merupakan hal penting yang harus diterapkan oleh setiap pengendara. Selalu menjaga jarak yang cukup dengan pengguna jalan lain untuk menghindari kecelakaan.

Yang terakhir, patuhi rambu lalu lintas. Berkendara dengan kecepatan rendah sesuai rambu yang berlaku. Kurangi kecepatan saat melewati persimpangan lampu lalu-lintas. Tidak menerobos lampu merah. Gunakan lajur kiri saat kondisi mengizinkan.

Menurut Yoga Prabowo, PIC Safety Riding PT Trio Motor, "Keselamatan dalam berkendara merupakan prioritas utama bagi Honda. Dengan mengikuti tips-tips ini, kita semua dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman dan nyaman," ucapnya.

Dengan adanya tips panduan ini, Honda berharap seluruh pengguna jalan dapat mempraktikkan perilaku berkendara yang bertanggung jawab demi kebaikan bersama. Mari bersama-sama menciptakan #Cari_aman di jalan raya. (hnd/ak)

Lebih baru Lebih lama