Peringati HAN, Pemkab Balangan Deklarasikan Desa Bebas Stunting

PIAGAM: Bupati Balangan melakukan penyerahan Piagam Desa Bebas Stunting kepada Desa Lok Batung - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menggelar Deklarasi Desa Bebas Stunting di Desa Lok Batung, Kecamatan Paringin. Acara yang berlangsung meriah pada Senin (22/7/2024) dengan mengusung tema "Gebyar Anak Sehat Balangan" dengan jargon "Anak Sehat, Sanggam Baharat".

Deklarasi ini menjadi bukti nyata komitmen Pemkab Balangan dalam menurunkan angka stunting di wilayahnya. Selain deklarasi, acara juga diramaikan dengan penyerahan Piagam Desa Bebas Stunting kepada Desa Lok Batung, penghargaan kepada Kader Inspiratif, serta apresiasi kepada tenaga kesehatan seperti bidan dan petugas gizi yang telah berperan aktif dalam penanganan stunting.

BACA JUGA: Lawatan ke Banten, Tim Futsal PWI Kalsel Raih Hasil Positif

Bupati Balangan, H Abdul Hadi, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, khususnya jajaran Pemkab Balangan, Forkopimda, dan PT Adaro Indonesia. 

"Berkat kerjasama yang solid, angka stunting di Kabupaten Balangan mengalami penurunan yang signifikan. Namun, kita perlu lebih bekerja keras agar stunting di Balangan benar-benar tuntas, untuk menyambut Indonesia emas," ujar Abdul Hadi dengan semangat.

Ia juga mengajak seluruh jajaran Pemkab Balangan untuk terus meningkatkan strategi dalam penanganan stunting. Menurutnya Desa Lok Batung, yang telah berhasil menjadi desa bebas stunting, diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya di Balangan.

Dengan suksesnya acara ini, Pemkab Balangan menunjukkan keseriusannya dalam membangun generasi yang sehat dan cerdas, sekaligus memperkuat sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta. 

BACA JUGA: Pelantikan KBB Provinsi Bali, Paman Birin dan Acil Odah Disambut Antusias Warga Banjar

"Seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Balangan harus lebih bekerja keras lagi meningkatkan strategi untuk penanganan stunting," tegas Abdul Hadi.

Perayaan Hari Anak Nasional dan Deklarasi Desa Bebas Stunting di Desa Lok Batung ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh desa di Kabupaten Balangan untuk bergerak bersama dalam mengatasi masalah stunting, demi tercapainya Indonesia emas yang sehat dan kuat. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama