Pemkab Balangan Siap Rehab Delapan Unit Gedung Balai Penyuluh KB

GEDUNG: Gedung Balai Penyuluhan Keluarga Berencana atau sering disingkat Balai Penyuluhan KB - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) berperan penting dalam menciptakan keluarga berkualitas. Mereka jadi juru penerang pada keluarga dan masyarakat luas menuju perubahan.

Sebagai pusat kegiatan dan program penyuluhan, difungsikan gedung Balai Penyuluhan Keluarga Berencana atau sering disingkat Balai Penyuluhan KB. 

BACA JUGA: Paman Birin Disambut Antusias Warga Tanjung Seloka Kotabaru

Balai Penyuluhan KB adalah bangunan yang terletak di wilayah kecamatan, berfungsi sebagai tempat beraktifitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan pembinaan kepada petugas dan pengelola Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), Institusi Masyarakat Perdesaan/Perkotaan dan mitra kerja dalam operasional Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) tingkat kecamatan.

Gedung Balai Penyuluh KB ini juga difungsikan untuk pusat kegiatan pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (bangga kencana) di tingkat kecamatan antara lain pelayanan KB, pusat kegiatan untuk percepatan penurunan stunting, tempat pertemuan kader baik kader KB maupun tim pendamping keluarga dan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS).

Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Selasa (2/7/2024) mengungkapkan untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas dan pemenuhan kebutuhan informasi Bangga Kencana, pada tahun ini Pemkab Balangan mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.

"Anggaran ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk melaksanakan rehabilitasi 8 unit gedung Balai Penyuluh KB yang ada di seluruh kecamatan. Termasuk juga kelengkapan sarana di dalamnya,"ujarnya.

BACA JUGA: Viral Aksi Perundungan di Siring Kemuning, Polres Banjarbaru Amankan Tiga Pelaku

Ia mengharapkan dengan perbaikan balai penyuluh maka para kader yang ada dapat lebih maksimal dalam membina warga untuk mengetahui secara detail pentingnya keluarga berkualitas bagi pembangunan daerah.

"Keluarga berkualitas menuju Indonesia emas. Keluarga berkualitas dimaknai keluarga yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis,"tambahnya. (mcb/rz/ak)

Lebih baru Lebih lama