Habar Digital

Bukan Kecubung, Polda Kalsel Ungkap Korban Mabuk Akibat Konsumsi Pil Putih Tanpa Logo dan Merk

TANAMAN: Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H memberikan keterangan pers terkait tumbuhan kecubung - Foto Humas polda kalsel

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Menyikapi maraknya kasus mabuk di duga akibat konsumsi kecubung yang viral di sejumlah wilayah, khususnya di Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan (Kalsel), Polda Kalsel melalui Direktorat Resnarkoba segera mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi dan mencegah penyebaran kasus ini.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H., dalam pernyataannya, Minggu (14/7/2024) menyampaikan beberapa langkah konkret yang akan diambil sebagai respons terhadap fenomena ini.

BACA JUGA: Festival ANTASARI Dorong Peningkatan Transaksi Digital

Direktorat Resnarkoba Polda Kalsel juga melakukan penindakan terhadap seorang inisal M (47).

M merupakan pengedar yang diduga memperjualbelikan obat berwarna putih tanpa merk dan logo.

Obat ini diduga dikonsumsi para korban.

Dari M polisi berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 20 ribu butir. 

Barang bukti tersebut di bawa ke labfor untuk di ketahui memgetahui kandungan yang ada didalamnya. 

Selain itu, Direktorat Resnarkoba Polda Kalsel bersama Polresta Banjarmasin juga melakukan pendalaman pemeriksaan terhadap para korban AR dan S dengan hasil korban tidak mengkonsumsi kecubung melainkan memakan obat putih tanpa merk dan logo sebanyak 2 hingga 3 butir.

Terkait viralnya video sejumlah warga yang mabuk saat ini, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi menjelaskan tidak semua video yang viral disebabkan oleh efek kecubung.

BACA JUGA: Diduga Roti Ini Mengandung Bahan Pengawet Berbahaya, KADIN Kalsel Datangi BPOM

Melainkan ada video orang mabuk alkohol namun di bikin judul 'Mabuk Kecubung', kemudian ada video lomba burung di Kabupaten Batola yang juga di beri judul 'Akibat Konsumsi Kecubung'.

Untuk itu, Polda Kalsel menghimbau agar masyarakat bijak bermedia sosial dan tidak mengonsumsi obat-obatan tanpa merk yang tidak di ketahui kandungannya atau produk dari pohon kecubung karena dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh.

Langkah-langkah ini diambil untuk mengatasi dan mencegah penyebaran kasus mabuk di duga akibat pil putih serta untuk melindungi masyarakat dari bahaya konsumsi obat-obatan tanpa izin dan kontrol yang tepat, lebih sedikit. (pol/ak)

Lebih baru Lebih lama