Ribuan Warga Banjarmasin Shalat Istisqa di Masjid Jami, Pinta Hujan Turun

SHALAT: Ribuan jemaah mengikuti shalat istisqa di Masjid Jami Banjarmasin - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar Sholat Istisqa berjamaah bertempat di Halaman Masjid Jami Kota Banjarmasin pada Senin, (11/9/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, sejumlah Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin, serta pejabat dari SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin. Selaku khatib, H Asfihani Noor Hasani, Lc.

Kegiatan sholat istisqa diadakan dalam rangka respons terhadap himbauan dari pemerintah provinsi Kalimantan Selatan. 

Pemerintah Kota Banjarmasin bersama seluruh jajaran pemerintah Kabupaten/kota dan masyarakat dipanggil untuk bersama-sama melakukan sholat istisqa guna memohon hujan kepada Allah SWT.

H Arifin Noor, Wakil Wali Kota Banjarmasin, mengungkapkan pentingnya ikhtiar dalam ajaran agama Islam. Ia menyebutkan bahwa kita sebagai umat Islam diperintahkan untuk melakukan upaya-upaya (ikhtiar) baik dalam urusan dunia maupun akhirat.


"Para Alim Ulama, Guru-guru kita, para Habaib, para Ulama kita mengajarkan kita untuk meminta hujan melalui sholat istisqa. Melalui sholat ini, kita mengakui kesalahan-kesalahan kita, kita bertobat, dan kita memohon ampun kepada Allah SWT," ucap H Arifin Noor.


Ia juga menambahkan, "Mudah-mudahan dengan kesalahan yang kita akui, Allah Ta'ala akan mengampuni kita dan memberikan hujan yang kita nantikan," harap H Arifin Noor.

Selain itu, dalam khutbahnya, H Asfihani Noor Hasani, Lc mengajak semua yang hadir untuk senantiasa memperbanyak istighfar, yaitu memohon ampunan kepada Allah SWT. 

"Istighfar merupakan tindakan penting dalam Islam yang mencerminkan kesadaran akan kesalahan dan upaya untuk memperbaiki diri," ungkap beliau.

Sholat Istisqa berjamaah merupakan bukti nyata dari kesatuan komunitas di Kota Banjarmasin dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi.

Semoga dengan tekad bersama dan doa yang tulus, hujan segera turun untuk menyelamatkan tanah dan kehidupan di wilayah ini.(fs/ak)

Lebih baru Lebih lama