Meriahkan Harjad ke-497, Ratusan Siswa SD di Banjarmasin Ikuti Lomba Gerak jalan

START: Wakil Walikota Banjarmasin melepas peserta gerak jalan siswa SD - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Dalam rangka memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin tahun 2023, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin melaksanakan Lomba Gerak Jalan tingkat Gugus SD di Banjarmasin, Sabtu (9/9/2023) pagi.

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor didampingi Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman, turut hadir Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Nuryadi dan sejumlah kepala SKPD serta jajaran terkait.

H Arifin Noor mengatakan, kegiatan itu merupakan bukti nyata dari komitmen bersama dalam mendukung pendidikan yang sehat dan berprestasi di Kota Banjarmasin.

Menurutnya, pendidikan adalah pondasi bagi masa depan bangsa, ia berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam upaya menciptakan generasi muda yang cerdas, sehat, dan berprestasi.


"Lomba gerak jalan ini, merupakan wujud kegiatan yang dapat memupuk semangat olahraga, kebersamaan dan kompetisi yang sehat antar siswa - siswi SD di Kota Banjarmasin," ucapnya.


Melalui lomba itu, Arifin Noor berharap dapat menumbuhkan semangat juang, kebersamaan dan persaingan sehat diantara peserta. "Kami juga berharap lomba ini dapat memberikan pengalaman yang berharga dan menjadi momen tak terlupakan bagi para peserta," tutupnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana, Kaemsiah melaporkan peserta lomba berjumlah 25 tim, dengan satu tim berisi 11 anggota dan terbagi dari 25 Gugus SD di Banjarmasin, sehingga total peserta sebanyak 275 orang.

Kemudian, ia menjelaskan, lomba gerak jalan itu dilaksanakan selama 1 hari dengan menempuh jarak 6 km selama 1 jam 14 menit dengan rute yang sudah ditentukan.

Adapun tujuan pelaksanaan lomba tersebut adalah, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga, membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak usia sekolah, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dari tanggung jawab.

"Kemudian mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkembangkan nasionalisme dan cinta tanah air serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik SD," pungkasnya.(ak/fs)

Lebih baru Lebih lama