Kamaratih Sungai Andai, Warnai Penyambutan HUT RI ke-78

UPACARA: Dinaikkannya bendera merah putih pertanda diresmikannya Kamaratih Sungai Andai - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Kampung Merah Putih (Kamaratih) Sungai Andai, Banjarmasin Utara hari ini diresmikan oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Peresmian itu sekaligus menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dan menyemarakkan Gerakan Nasional 10 juta Bendera Merah Putih tahun 2023.

Kamaratih tersebut merupakan binaan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kota Banjarmasin. Lokasi tepatnya berada di Jalan Cengkeh RT 70, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

BACA JUGA: Banjarmasin Upayakan Kesejahteraan dan Produktivitas Para Buruh

Dalam kesempatan itu, H Ibnu Sina bersyukur karena momen kemerdekaan tahun 2023 tersebut Kota Banjarmasin pertama kalinya mengadakan Kampung Merah Putih (Kamaratih), Menurutnya, dengan adanya Kamaratih tersebut, adalah wujud dari pada semangat juang nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.


"Wujudnya adalah bahwa semua warga harus memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing," kata H Ibnu Sina. (6/8/2023).


"Di kampung ini sudah ada yang namanya kader penggerak kampung merah putih, di mana mereka membawa masyarakat membagi-bagikan bendera termasuk juga memasang bendera," tambahnya.

H Ibnu Sina menjelaskan, maksud dan tujuan diresmikannya Kamaratih itu agar menjadi inspirasi bagi seluruh Kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin untuk membuat kampung merah putih di semua sudut Kota Banjarmasin.

"Setelah ini terus menerus bahkan menjadi inspirasi bagi kelurahan-kelurahan yang lain, kampung-kampung lain untuk juga membuat kampung merah putih di semua sudut kota Banjarmasin itu yang paling penting semangat spiritnya," pungkasnya.

BACA JUGA: Film Jendela Seribu Sungai Jadi Pilihan Warga Menikmati Weekend

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Ketua TP PKK, Hj Siti Wasilah, Forkopimda Kota Banjarmasin serta sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.(fs/ak)

Lebih baru Lebih lama