KH M Rasyid Ridha Ajak Kaum Muslimin yang Berkecukupan Melaksanakan Ibadah Kurban

JAMAAH: Shalat Idul Adha di Masjid Ar Raudhah Sungai Andai - Foto Dok

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Ribuan kaum muslimin melaksanakan salat Idul Adha 1444 H di Masjid Ar Raudhah Sungai Andai Banjarmasin, Kamis (29/6/2023).

Bertindak sebagai khatib dan imam salat hari raya, KH Muhammad Rasyid Ridha, Pimpinan Ponpes Al Mursyidul Amin, Gambut, Kabupaten Banjar.

Dalam ceramahnya, Tuan Guru Haji Rasyid mengingatkan kaum muslimin akan kebesaran Allah SWT, tidak ada yang lain selain Allah. 

BACA JUGA: Salat Idul Fitri 1444 H, Ribuan Jemaah Padati Mesjid Ar Raudhah Sungai Andai

Guru Rasyid mengajak kaum muslimin untuk bersyukur atas semua yang dimiliki, semua hanyalah  titipan, dalam sekejap bisa menghilang.


"Mari bagi umat muslim yang hidup dalam berkucupan agar melakukan perintah ibadah kurban," ucapnya dalam ceramah.


Guru Rasyid juga mengisahkan secara singkat kembali sejarah indah kurban dari nabi Ibrahim dan anaknya Ismail. Melihat kecintaan dan ketulusan Nabi Ibrahim beserta Ismail kepada Allah SWT, maka Allah SWT pun mengganti Ismail dengan seekor kambing, yang mana Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail jadi asal muasal Idul Adha.

Banyak pelajaran yang diambil dari kisah pengorbanan tersebut, sebagaimana Nabi Muhammad SAW dalam hadits juga telah mengingatkan umatnya tentang perintah berkurban. Berikut haditsnya,

عَنْ َأبِي هُرَيْرَة: َأنَّ رَسُوْل اللهِ صلى الله عليه وسلم قال : مَنْ كَانَ لهُ سَعَة وَلمْ يَضَحْ فَلا يَقْربَنَّ مُصَلَّانَا (رواه احمد وابن ماجه)

Artinya: "Dari Abu Hurairah, "Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami," (HR Ahmad dan Ibnu Majah).(fsl/akh)



Lebih baru Lebih lama