Salat Idul Fitri 1444 H, Ribuan Jemaah Padati Mesjid Ar Raudhah Sungai Andai

 

IBADAH: Mesjid Ar Raudhah Sungai Andai dipadati jemaah shalat Ied - Foto Dok 

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN – Mereka yang datang untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 berjamaah itu, disambut lantunan takbir melalui pengeras suara masjid.

Satu persatu barisan shaf terisi, mulai dari ruang induk, hingga halaman dan area sekitaran masjid.

Salat Idul Fitri 1444 berjemaah dimulai tepat pukul 07.15 wita, di imami sekaligus menjadi khatib KH Misbahul Munir.

Seluruh jemaah melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 H berjamaah, dengan tertib dan khusuk hingga rakaat terakhir.

Usai pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 berjemaah, kemudian KH Misbahul Munir langsung menyampaikan khotbah.

Dalam khotbah tersebut, KH Misbahul Munir mengajak seluruh jemaah untuk lebih meningkatkan amal ibadah, kepada Allah SWT.

Beliau juga mengingatkan jangan sampai membuat orang sakit hati seperti menghina orang, menertawakan dan mencela. Momen Idul Fitri kita manfaatkan untuk bersilaturahmi untuk saling memaafkan, menghilangkan permusuhan dan meningkatkan persaudaraan.


"Mudahan Allah membahagiakan kita semua," tutur beliau.


Dalam Idul Fitri beliau juga mengingatkan pentingnya wajib mengeluarkan zakat fitrah sebelum shalat Ied, Sebagai seorang muslim, membayar zakat merupakan salah satu rukun Islam yang perlu dipenuhi untuk menyempurnakan ibadah yang dilakukan. 

Dalam hal ini, zakat tersebut bertujuan untuk mensucikan harta serta diri manusia setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Namun di luar tujuan tersebut, zakat fitrah juga dapat dianggap sebagai bentuk rasa peduli manusia terhadap orang yang kurang mampu. 

"Mari kita semua berusaha untuk dapat menjadi orang yang suka beramal demi kejayaan Islam dimuka bumi," ucap beliau.

"Mari kita introspeksi lagi diri masing-masing, sudah banyak kah amal ibadah yang kita lakukan selama Ramadan. Kita juga pandai terus bersyukur atas nikmat Allah SWT, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT," sambung beliau.

Rangkaian Salat Idul Fitri 1444 berjemaah berakhir sekira pukul 08.00 wita, jemaah pun beranjak pulang dengan teratur. (alf/akh)


Lebih baru Lebih lama