Sakit Hati Ahmad Dhani selama 13 Tahun pada Once Akhirnya Berakhir

 

MUSISI: Musisi terkenal Ahmad Dhani Dewa 19 - Foto Net

HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Perseteruan antara Ahmad Dhani dan Once Mekel terkait royalti lagu Dewa 19 akhirnya resmi berakhir.

Ahmad Dhani memang telah mengurus beberapa hal dan berdiskusi dengan pihak Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Diketahui, Once memang masih sering membawakan lagu-lagu Dewa 19 meski sudah tak lagi menjadi vokalis sejak 2010 lalu.

Hal tersebut membuat Ahmad Dhani menyimpan rasa sakit hati lantaran lagunya masih dinyanyikan sang mantan vokalis tanpa izin.

Meski baru mempermasalahkannya sekarang, Ahmad Dhani ternyata sudah menyimpan rasa tak sukanya sejak 13 tahun yang lalu.


"Karena kesalnya baru sekarang," kata Ahmad Dhani dalam YouTube Ahmad Dhani, pada Jumat 7 April 2023.


"Kemarin nggak kesal, masih sabar. Tapi sakit hatinya sudah dari 2010," lanjutnya

Kini, Ahmad Dhani berharap semua pihak terutama musisi bisa lebih baik lagi menghargai karya satu sama lain.

"Yang penting ke depannya adalah perdebatan ini sudah selesai. Kesempatan ini akhirnya menjadi sebuah hal yang menguntungkan bagi pengarang lagu bukan buat penyanyi ya," kata Ahmad Dhani.

Pentolan Dewa 19 itu juga mengapresiasi usaha LMKN untuk memfasilitasi para pencipta lagu dan musisi dengan membuat sistem baru secara online untuk mendaftarkan kepemilikan lagu mereka.

Tak hanya itu, LMKN juga akan mengurus perubahan terbatas untuk UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Perubahan tersebut dilakukan sebagai upaya memperbarui pasal-pasal yang masih menimbulkan perdebatan.

Saya lihat LMKN sendiri sudah mau berbenah ya. Dengan adanya mereka membuat sistem secara online tentang pendaftaran dan lain-lain, menurut saya itu kemajuan yang sangat luar biasa," jelas Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani juga memilih untuk mengikhlaskan perihal royalti yang sempat disebutkan belum dibayarkan oleh Once Mekel sekaligus menyelesaikan masalah ini.

"Ya udahlah kita lupain masa lalu. Kalau ngga ada laporan dari 2010, ya udah kita lupain yang penting ke depannya lebih baik," tegasnya. (net/akh)

Lebih baru Lebih lama