Jelang Ramadhan 1444 H, Bupati Balangan Pantau Harga Bahan Pangan Dipasaran

 

KUNJUNGAN: Bupati Balangan pantau harga sembako di pasar - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN – Jelang bulan Ramadhan tahun 1444 Hijriah, Bupati Balangan H Abdul Hadi lakukan peninjauan harga bahan pangan yang ada di Pasar Modern Adaro, Kecamatan Paringin, Senin (20/3/2023). 

Dalam kegiatannya tersebut juga tampak diikuti Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, jajaran Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Balangan, Kepala UPT Pasar, serta beberapa instansi terkait lainnya.

Bupati Balangan H Abdul Hadi kesempatannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan stok bahan pokok dan harga tetap terkendali selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah. 


“Sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan untuk suplay itu terpenuhi meskipun tadi disampaikan ada kenaikan harga, namun kenaikannya masih dalam tingkat yang wajar,” ujarnya. 


Kemudian juga tambahnya, dalam rangka pengendalian inflasi, pemerintah daerah melalui DKUKMPP Kabupaten Balangan dalam rangka menyambut bulan ramadhan telah melaksanakan pasar murah di beberapa titik. 

“Mudah-mudahan ini berdampak untuk mengendalikan harga dengan membantu masyarakat yang daya belinya hari ini agak menurun karena harga karet juga agak turun itu,” kata Bupati. 

Dikatakan pula olehnya terkait kegiatan pasar ramadhan yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Balangan tahun 2023 ini disekitar Lapangan Sepakbola Marthasura, Kecamatan Paringin. 

“Terkait dengan pasar ramadhan yang kita pindahkan ke Marthasura, karena pada tahun ini disekitar terminal itu ada 2 kegiatan yang dilaksanakan, yang pertama kegiatan pengerjaan jembatan duplikat yang di biayai oleh APBN, dan kedua pengerjaan terminal dan pengerjaan jalan yang di biayai oleh APBD. Oleh karena itu, dengan pertimbangan itu maka pasar ramadhan kita pindahkan kesini, nah harapan kita dengan dipindahnya kegiatan pasar ramadhan ke Marthasura ini tidak mengurangi kemeriahan pasar ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya dan kita juga minta bantu nanti aparat kepolisian dan satpol PP untuk mengamankan pasar dan arus lalu lintas yang ada disekitar pasar ramadhan yang akan kita buka,” pungkasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama