Disdukcapil Banjarmasin Sosialisasikan KTP Digital, Cek Syaratnya

 

IDENTITAS: Kartu Tanda Penduduk Digital bisa diunduh di Appstore - Foto Net

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN – Kemajuan teknologi digital semakin dikembangkan di berbagai aspek kehidupan salah satunya ada pada Kartu Identitas Penduduk di Indonesia.

Dari KTP Elektronik yang berbentuk kartu, kini kartu identitas yang sering kita bawa kemana pun pergi sudah mulai berbentuk digital atau disebut KTP Digital.

Progam dari pemerintah tersebut, rupanya telah dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin yang saat ini ternyata sudah gencar mensosialisasikannya.

 

"Saat ini kami masih melakukan ujicoba KTP Digital tersebut ke pegawai Disdukcapil maupun ASN dilingkup Pemko Banjarmasin. Sosialisasi sudah berjalan sejak September 2022 lalu," ungkap Kepala Disdukcapil Banjarmasin Yusna Irawan, Kamis (5/1/2023)


Bahkan katanya, untuk masyarakat sudah bisa melakukan perekaman, tentuya dengan syarat warga yang telah terekam dan terdaftar di Kartu Keluarga. 

"Nanti warga diberi barcode dari UPT dan di scan, otomatis semua data berkaitan dengan administrasi kependudukan langsung terekam di KTP Digital. Untuk mengetahuinya unduh terlebih dulu melalui Appstore," jelasnya.

Perlu dicatat, untuk sementara penggunaan KTP Digital tersebut masih terbatas hanya untuk pengguna smartphone berbasis Android. Kalau pengguna IOS masih belum bisa, semoga dalam waktu dekat pengguna IOS bisa menggunakan KTP Digital.

"Jangan khawatir, warga masih bisa memiliki KTP Elektronik di samping KTP Digital. Kelebihan KTP Digital mudah dipakai saat KTP elektronik hilang," tutupnya. (net/fsl)

Lebih baru Lebih lama