Air Terjun Mandin Mangapan di Kawasan Geopark Meratus Bikin Paman Birin Kagum

MANDI: Paman birin menikmati air terjun - Foto Dok

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Salah satu destinasi wisata Air Terjun Mandin Mangapan di kawasan Geopark Meratus, membuat Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor sangat kagum.

Gubernur yang biasa akrab disapa Paman Birin mengatakan Air Terjun Mandin Mangapan yang mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter ini berada di hutan hujan tropis yang masih asri Gunung Ambilatau.

"Mandin itu ya air terjun. Karena setiap ada sungai di hulunya pasti ada mandin," kata Sukron, warga setempat yang mendampingi perjalanan Paman Birin saat ke Air Terjun Mandin Mangapan, beberapa waktu lalu.

Sukron mengatakan bila menikmati air yang jatuh dari ketinggian tersebut kadang bisa termegap-megap alias bernapas pendek-pendek, sambil membuka mulut.

"Jadi menurut penjelasan salah satu tetuha yang asli Dayak Meratus, itulah asal usul dan makna mengapa dinamakan Mandin Mangapan," ungakpanya.

Untuk menuju objek wisata itu, ada beberapa jalan alternatif. Bisa melalui jalan penghubung di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu .

"Inilah salah satu pesona Indonesia yang kita miliki, bagian dari banyak situs Geopark Meratus yang wajib untuk dijaga dan dilestarikan," tukasnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama